Ads 468x60px

Selasa, 26 April 2011

Al i'tiroof (ketika ajal menjemput pria jenaka nan bijaksana)

Bismillahirrohmaanirrohiim

Abu Nawas... Seorang putra Qodhi (hakim) di jaman Harun Al Rasyid,,, seorang pria jenakan yang sering membuat sang khalifah menggelengkan kepalanya karena takjub...tapi dia juga seorang manusia,,, yang menyadari segala khilaf dan kesalahannya. pernah berpura-pura gila hanya karena tidak mau ditunjuk menjadi hakim,,, membuat bualan-bualan bijaksana yang menyeslesaikan persengketaan di masyarakat..membuatnya sering dipanggil oleh sang khalifah,,,tapi ia dapat merubah hukuman menjadi hadiah dengan akal bulusnya....
menjelang kematiannya. Lelaki jenaka ini membuat sebuah syair yang dikenal sebagai al i'tiraf (sebuah pengakuan)

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً # وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka.

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ # فَإِنَّكَ غَافْرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ

Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar.

ذُنُوْبيِ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَالِ # فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَاذاَالجَلاَلِ

Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.

وَعُمْرِي نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ # وَذَنْبيِ زَئِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ

Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.

إِلهِي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ # مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ

Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.

فَإِنْ تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَا أَهْلٌ # فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ

Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah ahli pengampun.
Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar