Ads 468x60px

Selasa, 28 Februari 2012

TAKUT

Bismillahirrohmaanirrohiim

(takut)


Takut, rasa takut.  Suatu rasa yang alamiah dan manusiawi.  Begitu Agungnya Allah menciptakan rasa pada manusia.  Tak teridentifikasi indra tapi rasa tetap terasa. Salah satunya rasa takut.

Entah bagaimana sistem yang ada di hipotalamus bekerja tapi yang pasti manusia dapat merasakannya.  Takut dengan alasan yang bervariasi.  Tidak setiap orang mempunyai alasan yang sama untuk merasakannya.

Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah
suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan (sumber).

Sedikit cerita tentang rasa takut yang saya alami beberapa waktu terakhir ini.  Takut karena telah berbuat salah, seketika saya beranggapan bahwa dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf rasa takut tersebut.

"Saya menjanjikan dapat membantu seorang teman untuk terlibat dalam urusan pekerjaannya, karena waktunya masih lama saya tidak menjadikan janji ini sebagai prioritas, akibatnya, ketika tiba waktunya saya lupa untuk mem-follow up hasil kerja saya.  Kesibukan di dekat waktu tersebut juga membuat saya merasa gagal untuk memnuhi janji saya.

Pahit rasanya tidak bisa memenuhi janji dan terkesan meninggalkan amanah.  Pengakuan bersalah dan memohon maaf saya coba meski berat.  Tapi yang lebih memberatkan adalah tidak adanya respon dari orang yang kita mintai maaf.  Rasa bersalah semakin menggunung.  Hanya berharap ada kesempatan untuk melakukan kebaikan menggantikan khianat yang telah saya lakukan..... Allaah.... Allaah... Allaaah.... hanya keluh kepadaNya yang banyak kulakukan.  Tersadar telah jauh melangkah meninggalkanNya dan memaksiatiNya.  Allaah..Allaah... Allaah....takutku memuncah"

Satu dari sekian banyak kisah kesalahan yang telah kubuat........

Tuliskanlah tentang hidup, tatap kisah-kisah, rasakan kesalahan-kesalahan.... tidak hanya kesenangan, kenikmatan, hura-hura, kekaguman atau kegalauan...

Bukan melulu untuk membuat diri tertekan, tapi untuk menekan diri menjadi lebih baik lagi....
Mohon maafku karena takut kepadaNYA...


Februari 2012 


yang_ingin baik_

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar